KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Kasrem 062/Tn Mewakili Danrem 062/Tn Menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun 2023

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M., M.Han., di wakili Kasrem 062/Tn Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, S.I.P, menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2023, bertempat di landasan udara Suparlan Pusdik Passus, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40561, Jumat 11 Agustus 2023.

Bertindak sebagai Irup Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membacakan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan penekanan-penekanan di antaranya Pertama Kita perlu terus memperkuat daya tangkal masyarakat dan daya tangkal bangsa untuk mewaspadai setiap potensi ancaman dengan membangkitkan potensial bela negara.

Kedua: Harus terus mengembangkan kemampuan dan kekuatan pertahanan negara dengan menyiapkan SDM unggul berkarakter tangguh serta memodernisasi alutsista pada matra darat, laut dan udara.

Ketiga,: Pertahanan negara tidak cukup hanya ditangani kekuatan militer, adalah tugas dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia.

Keempat,: rakyat, pemerintah dan seluruh elemen negara harus bersinergi membangun simpul yang kuat untuk mengelola sumber daya pertahanan bangsa yang melibatkan seluruh rakyat Indonesia terutama anggota-anggota komponen cadangan.

Kelima: Tentara dan rakyat harus manunggal dalam konsep kesemestaan, Bersama-sama mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah, menjaga keselamatan seluruh rakyat Indonesia dari berbagai ancaman.

Keenam: Konsep kesemestaan perlu diterapkan secara nyata dengan meningkatkan peran dan partisipasi setiap warga negara swbagai komponen cadangan sebagai bagian dari sistem pertahanan rakyat semesta yang dapat di mobilisasi sewaktu-waktu.

Ketujuh: Kita sudah memiliki komponen cadangan dari tiga matra untuk melaksanakan strategi pertahanan berlapis, memperbesar dan memperkuat kapasitas komponen utama yang dapat dikerahkan apabila negara dalam keadaan darurat seperti ancaman atau invasi dari negara lain.

Kedelapan: Komponen cadangan pertahanan negara adalah prajurit-prajurit yang kuat tangguh dan berwibawa yang selalu siap untuk membuktikan kecintaannya kepada tanah air bangsa dan negara.

Kesembilan: Saya minta kepada saudara-saudara untuk kembangkan terus nilai-nilai nasionalisme, cinta dan bangga pada tanah air seluas-luasnya diberbagai kesempatan, tunjukan kepada negara, tunjukan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki pertahanan yang kuat dan tangguh.

Kesepuluh: Saya ucapkan terimakasih dan semangat kepada seluruh komponen cadangan pertahanan negara yang di tetapkan hari ini yang kerelaannya menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai bukti kecintaan dan tanggung jawab kepada bangsa dan negara.

Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Menkopolhukam Prof. Dr. H. Mahfud MD S.H., S.U., M.I.P., Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid., Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto., Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol Krisna Murti., Kasdam III/Slw Brigjen TNI Agus Saeful., Para pejabat Kemenhan dan para tamu undangan lainnya.
(Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button