Tak Berkategori

Ketua LBH ELIT Cirebon Raya, Andre Manan Roenza : No…! Restorative Justice Bagi Pelaku TPPO


Cirebon, suaraindependentnews.id | Maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) menjadi keprihatinan seluruh pihak, diantaranya dari Ketua LBH ELIT Cirebon Raya, Andre Manan Roenza.

Andre Manan Roenza menyatakan perlunya gerak bersama para pemangku kebijakan dan aparat penegak hukum dalam penanganan berbagai kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang dihadapi para pekerja migran Indonesia (PMI).

“Sindikat TPPO yang dibekingi oknum aparat keamanan ini merupakan kondisi yang tidak main-main. Bersyukur saat ini ada Satgas TPPO, peran semua pihak sangat diharapkan, dan kami dari LBH ELIT Cirebon Raya siap berkontribusi membantu pemerintah dalam penanganan kasus TPPO,” ujar Andre Manan Roenza.

“LBH ELIT Cirebon Raya siap membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang mengetahui dan atau korban dari kejahatan TPPO. Selain itu, LBH ELIT Cirebon Raya juga akan melakukan upaya Perlindungan Hukum bagi TKI Terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), No…! Restorative Juatice bagi pelaku TPPO,” tegasnya, Kamis (15/06/2023).

Masih menurut Andre Manan Roenza, TPPO bukan kriminalitas biasa, melainkan kejahatan kemanusiaan. Sementara konstitusi telah mengamanatkan negara untuk melindungi setiap warga negara, termasuk PMI. Namun, jumlah PMI korban TPPO masih terus meningkat dari tahun ke tahun.

Rincian kasus yang berhasil LBH ELIT Cirebon Raya dapatkan dari berbagai sumber, bahwa TPPO pada tahun 2018 sebanyak 184 kasus, tahun 2019 sebanyak 191 kasus, tahun 2020 sebanyak 383 kasus, tahun 2021 sebanyak 624 kasus dan tahun 2022 sebanyak 528 kasus. Sedangkan lokasinya, 85 persen kasus TPPO ini terjadi di daerah perbatasan, terang Andre.

Andre juga menambahkan, TPPO merupakan kasus yang sangat kompleks karena banyak melibatkan sejumlah pihak. Sehingga, kasus ini harus diatasi secara komprehensif agar bisa dituntaskan hingga akar masalahnya.

Untuk kasus TPPO, Andre tegas menyampaikan, siapapun dan apapun jabatan atau pangkatnya yang mencoba melindungi atau menjadi beking dari para pelaku TPPO, LBH ELIT Cirebon Raya tidak akan segan untuk menindak tegas dan kami pastikan proses hukum secara maksimal, pungkas Andre. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button