PARIWISATA

Meriahkan Libur Lebaran, Disparbud Kab Solok Gelar Alek Tradisi Pacu Biduak Tahun 2023

Pacu Biduak Tradisi tahun 2023 yang diikuti oleh masyarakat Salingka Danau Singkarak, di Dermaga Danau Singkarak Kabupaten Solok, Senin (24/4)

Senin, 24 April 2023

Kab Solok, Suaraindependent.id — Dalam rangka memeriahkan libur Lebaran Idul Fitri 1444 H/ 2023, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Solok menggelar Alek Tradisi Pacu Biduak tahun 2023 di Dermaga Danau Singkarak Kecamatan X Kota Singkarak, Senin (24/4).

Kegiatan Pacu Biduak Tradisi tahun 2023 di Dermaga Danau Singkarak ini merupakan  kerjasama antara Pemerintah Nagari Singkarak dengan Pemda Kabupaten Solok melalui Dinas Parbud Kabupaten Solok

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah daya tarik Destinasi Wisata Dermaga Danau Singkarak di masa libur lebaran. Harapannya, agar dapat memberikan manfaat dan dampak perekonomian masyarakat, sekaligus untuk melestarikan tradisi budaya yang selama ini selalu dijaga dan dipertahankan.

Kadisparbud Kabupatan solok, Armen AP, MM,

Dibuka secara resmi oleh Kadisparbud Kabupatan solok, Armen AP, MM, alek Pacu Biduak di ikuti sebanyak 16 peserta yang berasal dari  6 Nagari Salingka Danau Singkarak. Namun ada 1 peserta yang mengikuti perlombaan berasal dari Danau Diateh Nagari Alahan Panjang.

Sebelumnya, Disparbud Kabupaten Solok melalui Kabid Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Fathnaini Aisyah, S.Pt dan Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata (PDP), Rince Kumala Dewi, SE, MM sudah mencanangkan program Pacu Biduak Tradisi mengisi libur lebaran tahun 2023 ini,

Bahkan, jauh sebelumnya, Disparbud Kabupaten Solok sudah merilis kegiatan dengan menyebarkan leflet atau himbauan kepada masyarakat luas dan para perantau yang akan mudik melalui spanduk/ baliho dan media media massa terkait kegiatan ini

Awalnya, kegiatan di rencanakan akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 24 dan 25 April 2023. Karena peserta yang tidak begitu banyak, juga disertai cuaca yang sangat mendukung, kegiatan ini dilaksnakan selama 1 hari saja, yakni Senin pagi sampai sore pada tanggal 24 April 2023.

Pada lomba Pacu Biduak Tradisi tahun 1023 ini, untuk Juara 1 di peroleh oleh Yandri dari Nagari Saniang Baka, Juara II diraih oleh Candra dari Nagari Paninggahan, dan Juara III di raih oleh Amrian dari Nagari Singkarak. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai, Tropi dan piagam dari Kepala Dinas Parbud Kab Solok.

Kegiatan ini juga di dukung oleh beberapa sponsorship dari BPJS Ketenagakerjaan, Bank Mandiri, Bank Nagari dan juga Tokon Masyarakat Nagari Singkarak, Deni Eka Surya, SH.

Turut hadir meramaikan kegiatan ini, Camat Junjung Sirih, Sekretaris Camat Singkarak, Wali Nagari Singkarak, Walinagari Sumani, Walinagari Muaro Pingai, perwakilan masing masing Nagari lainnya dari Salingka Danau. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button