Peristiwa

Pemkot Dan DPRD Kota Gunungsitoli Mendukung Di Resmikan Sekolah LKS ONIPEDISTRA

GUNUNGSITOLI, SUARA INDPENDENTNEWS.ID
Sekolah Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Ono Niha Peduli Disabilitas Netra (ONIPEDISTRA) yang bertempat di Jalan Laria Umbuhumene, Desa Bawodesolo, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara diresmikan. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia Dr. Dante Rigmalia, M.Pd, Jumat (24/11/2023).

Dalam arahannya menjelaskan Komisi Nasional Disabilitas adalah lembaga negara non struktural, bertanggung jawab langsung kepada presiden dalam melakukan upaya pemantauan, evaluasi, monitoring atas upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas yang dilakukan oleh pemerintah ataupun non pemerintah, serta membangun kerjasama dari berbagai pihak, salah satunya dengan LKS ONIPEDISTRA.

“Ini adalah penghargaan dari negara untuk penyandang disabilitas dan menempatkan kami sebagai pemimpin di Komisi Nasional Disabilitas RI karena kami memiliki kemampuan dan kami memiliki kesetaraan. Kesempatan itu menjadi kunci utama bagi siapapun juga untuk bisa maju termasuk bagi penyandang disabilitas” ucapnya

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI yang telah mendukung hadirnya LKS ONIPEDISTRA melalui layanan Sentra Bahagia yang telah melakukan asesmen kepada ONIPEDISTRA dalam menyelenggarakan pelayanan. Terimakasih juga kepada Hildesheimer Blindenmission (HBM) Jerman dan seluruh tim yang telah memberikan dukungan dan pengetahuan sejak inisiasi hingga diresmikannya LKS ONIPEDISTRA, kami berharap dukungan ini dapat berkelanjutan.

Kami juga ucapkan terimakasih kepada Pemko Gunungsitoli, DPRD Kota Gunungsitoli, Organisasi Perangkat Daerah, Pemerintah Daerah se-Kepulauan Nias yang telah memberikan perhatian serta dukungan hingga lahirnya LKS ONIPEDISTRA. Harapan kita bersama, dengan kegiatan ONIPEDISTRA dalam memberikan pembelajaran bagi anak-anak disabilitas netra dapat menciptakan dan membangun iklim inklusif di lingkungan sekitar dan terus akan meluas sehingga mampu mendorong penciptaan Indonesia yang iklusif.

Kami sangat menghargai dan mengapresiasi karena banyaknya dukungan dari berbagai pihak maka penyandang disabilitas yang saat ini kondisi masih tertinggal bisa sedikit demi sedikit dapat mencapai hal-hal yang lebih baik dan hak-hak yang lebih baik juga,” tutup Dante mengakhiri.

Sebelumnya Ketua LKS ONIPEDISTRA Yunius Larosa dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejarah pembangunan LKS ONIPEDISTRA muncul pada masa Covid-19 yang mempertemukan anak-anak penyandang disabilitas netra bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Tuna Netra (YAPENTRA) Provinsi Sumatera Utara.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta mendoakan hadirnya LKS ONIPEDISTRA di Kepulauan Nias. Terkhusus kepada DPRD Kota Gunungsitoli dalam hal membuat Peraturan Daerah tentang Disabilitas. Terimakasih komitmen dan dukungannya” sebutnya.

Acara peresmian dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti, Pengguntingan Pita dan Kunjungan ke LKS ONIPEDISTRA, penandatanganan MOU KND dengan LKS ONIPEDISTRA di iringi lagu Padamu Negeri dan diakhiri dengan foto bersama. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button