HUT KEMERDEKAAN RI KE 77 TAHUN

Peringati HUT RI Ke-77, Pemkab Solok Lakukan Upacara Dipuncak Gunung Talang

Rabu, 17 Agustus 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id — Pertama dalam sejarah, Bupati Solok laksanakan kegiatan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 di Camp Cadas Puncak Gunung Talang, Rabu, (17/8).

Pagi itu, serombongan orang terlihat menapaki jalan setapak mendekati area pegunungan Gunung Talang Kec Danau Kembar Kab Solok Propinsi Sumatera Barat.

Cuaca yang begitu dingin walau tanpa salju mulai menghinggapi rombongan tersebut. Terlihat dari sekian banyaknya orang, terdapat seorang petinggi di Pemerintahan Daerah Kabupaten Solok, Bupati Solok Capt. H. Epyradi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar

Bupati Solok berserta rombongan melaksanakan pendakian Gunung Talang dalam rangka melaksanakan upacara bendera peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022. Kurang lebih 3 jam perjalanan, Bupati beserta rombongan mulai mendekati Camp Puncak Cadas Gunung Talang dengan ketinggian 2.597 M.

Pendakian tersebut dilewati melalui Jalur Bukit Bulek Nagari Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. Walau sedikit kelelahan, namun Bupati beserta rombongan berhasil sampai di camp puncak cadas dengan selamat.

Penaikan bendera merah putih di camp puncak cadas gunung talang dengan inspektur upacara, Bupati Solok H Epyardi Asda

Sekira pukul 11.00 wib siang, upacara bendera mulai dilaksanakan. Bupati Solok H Epyardi Asda dalam amanatnya mengucapkan, “alhamdulillah tepat Pada 77 tahun yang lalu dimana para pejuang Negara kita diwakili Bapak Proklamator Soekarno dan Hatta telah memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai ini”

Disampaikan Bupati, sengaja saya mengajak ASN/ THL Pemkab Solok dan masyarakat Kabupaten Solok melaksanakan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 di Puncak Gunung Talang ini guna dapat menghayati bagaimana perjuangan para Pahlawan dalam merebut Kemerdekaan

“Saya berharap terkhususnya pada generasi muda mari kita isi kemerdekaan ini dengan semangat sehingga dapat mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bagi penderi bangsa dan negara yang kita cintai ini”

Merebut kemerdekaan bukanlah hal yang mudah namun untuk mengisi kemerdekaan ini Juga Bukanlah hal yang mudah sebagai mana Cita-cita para pahlawan demi anak cucunya sehingga bisa menikmati kemerdekaan serta kehidupan yang damai dan tentram, terang Epyardi.

Lebih lanjut Epyardi menjelaskan, dalam melaksanakan pendakian Gunung Talang ini ada yg merasakan sakit dan kelelahan, namun itu semua belum bisa mengalahkan perjuangan para pahlawan dalam merebut Kemerdekaan

“Sebagai Bupati saya berjanji pada kita semua akan melanjutkan perjuangan dengan membangun kampung halaman kita seperti apa yang dinginkan oleh para Pejuang kita terdahulu,” 

Selain itu, Bupati akan membenahi sektor wisata Gunung Talang dengan membangun mushalla dan sanitasi yang layak bagi para pendaki. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Penggiat Pencinta Alam se Indonesia yang telah ikut hadir dan berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 bersama Pemkab Solok di Puncak Gunung Talang.

Pada kesempatan itu, Kepala Bank Nagari menyerahkan Defiden untuk Pemda Kabupaten Solok tahun pembukuan 2021 yang telah diserahkan ke dana kas daerah pada tanggal 28 April 2022 sebesar Rp.7.498.000.000. Juga diserahkan bantuan CSR dari Bank Nagari kepada Pemda Kabupaten Solok sebesar Rp. 170.000.000.

Penyerahan bantuan beasiswa kepada pelajar oleh Bupati Solok melalui dana CSR Bank Nagari cabang Solok

Pada Pendakian Kali, kurang lebih 10.500 Pendaki yang ikut melaksanakan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih di Camp Puncak Cadas Gunung Talang.

ASN/THL, SKPD Pemkab Solok bersama Bupati Solok dan ketua TP PKK kabupaten Solok

 

Hadir bersama Bupati Solok, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyradi Asda, SP, Forkopimda,Pimpinan DPRD Ivoni Munir, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, Sekretaris DPRD Zaitul Ikhlas, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Kepala SKPD, Camat Se-Kabupaten Solok, Walinagari Kp. Batu Dalam Irsarhadi, ASN dan THL Lingkup Pemda Kab. Solok,Para Pendaki Gunung Talang. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button