Pemerintahan

Sambangi Kab Solok, Ketua Dekranas Pusat, Hj. Wury Ma’ruf Amin ; UMKM Kriya Pemberi Kontribusi Terbesar Pada Perekonomian Negara

Ketua Pusat Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin kunjungi pusat kerajinan UMKM Nagari Panyangkalan Kec Kubung Kab Solok 

Kamis, 10 Juli 2023

Kab Solok, Suaraindependent.id – Mendapat kunjungan dari istri Wakil Presiden ke 13 Republik Indonesia, Kabupaten Solok menggelar tari tarian khas daerah Minangkabau. Kedatangan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat, Hj. Wury Ma’ruf Amin ini menyisakan makna tersendiri bagi masyarakat Ranah Minang umumnya, dan masyarakat Kabupaten Solok khususnya.

Berpusat di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, Kamis (20/7), kunjungan dari Dekranas pusat tersebut merupakan sebagai bentuk dukungan atas pengembangan UMKM Kriya di daerah Kabupaten Solok

Didampingi oleh sejumlah para Istri Istri Menteri, kedatangan Hj. Wury Ma’ruf Amin tersebut mendapat sambutan hangat dari pemerintah daerah Kabupaten Solok. Hadir langsung dalam penyambutan tersebut, Bupati Solok, H. Epyardi Asda dan ketua Dekranasda, Ny. Emiko Epyardi Asda dan jajarannya di lapangan bola Nagari Panyangkalan

Istri Wapres RI Ma’ruf Amin menyebutkan, Indonesia sangat kaya dengan budaya dan tradisi serta potensi besar di sektor UMKM Kriya.

Sebagian besar produk kriya atau kerajinan tangan dihasilkan oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sektor kriya telah memberikan kontribusi besar dala perekonomian negara,” terangnya.

Menurutnya, era globalisasi menghadirkan tantangan yang beragam dan komplek. Untuk itu, perlu kreativitas dan inovasi dari UMKM. Pelaku UMKM kriya harus mampu melihat peluang dan menghasilkan produk yang unik dan sesuai permintaan pasar dengan proses produksi efektif dan efisien.

Pelaku UMKM kriya harus meningkatkan daya saing dan memberikan nilai tambah terhadap produk hasil karyanya. Salah satunya dengan menerapkan kreativitas dan inovasi”

Ia menyebutkan, perlu dukungan dan kolaborasi semua pihak dalam mendorong pengembangan UMKM kriya, termasuk di Kabupaten Solok. UMKM Kriya tidak hanya menghasilkan produk bernilai ekonomi, tapi juga mempertahankan kekayaan nilai budaya dan tradisi

Dengan kolaborasi Dekranas, pemerintah dan masyarakat bisa menciptakan lingkungan yang kondusif dalam memberdayakan sektor kriya. Dekranas akan memberikan dukungan mulai dari akses pasar, kemudahan berusaha dan promosi produk kriya Indonesia, tutup Hj. Wury.

Senada dengan itu, Bupati Solok H. Epyardi Asda mengaku sangat senang dengan adanya kunjungan ketua Dekranas Pusat ke Kabupaten Solok. Kunjungan itu semakin menambah motivasi pelaku UMKM kriya di Solok

Kabupaten Solok merupakan daerah yang unik dan kaya dengan berbagai potensi. Dengan penduduk melebihi 400 ribu jiwa, Solok memiliki 5 danau dengan beragam keindahan alam dan budaya di 74 nagari,”

Selain sebagai daerah pertanian dengan produk unggulan beras, bawang merah dan sayuran, Solok juga memiliki potensi di bidang kerajinan dan UMKM. Beragam peluang itu, sangat berpotensi menggeliatkan ekonomi daerah

Semoga dengan kehadiran ketua Dekranas pusat bersama jajaran, semakin menggeliatkan Kabupaten Solok ke depannya. Bersama seluruh komponen super team dan masyarakat, Kabupaten terus berlari untuk menjadi daerah yang maju dan unggul”

Epyardi mengharapkan, Solok akan semakin dilirik oleh pusat dan investor. “Semua perizinan akan kami permudah dengan semudah-mudahnya, pungkas Epy.

Dalam kesempatan itu, ketua Dekranas dan seluruh jajaran meninjau langsung display UMKM Kabupaten Solok serta pelatihan UMKM Kriya di rumah pintar Nagari Panyakalan. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button