KOREM 062/TN KODAM III/SLW

TMMD Ke 116 TA 2023 Di Wilayah Kodim 0610/Sumedang Resmi Di Tutup

KODIM 0610/SMD-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M., menghadiri penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa TMMD ke-116 TA. 2023 di Wilayah Kodim 0610/Sumedang bertempat dilapangan Desa Wanajaya Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang,
Kamis 8 Juni 2023.

Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M., Danlanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., tiba dilokasi TMMD Ke-116 disambut Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, S.E., Wakapolres Sumedang Kompol Endar, Ketua DPRD Sumedang Ibu Titus Diah, lalu transit di Desa Wanajaya.

Kegiatan diawali paparan Dandim 0610/Sumedang (selaku Dansatgas) Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti tentang laporan kegiatan hasil pelaksanaan TMMD ke 116 diwilayah Kodim 0610/Sumedang.

Perlu disampàikan bahwa, sasaran program TMMD ke-116 berupa pembangunan jalan menghubungkan 2 Desa di 2 Kecamatan, yakni Desa Wanajaya di Kecamatan Surian dan Desa Kamal di Kecamatan Tanjungmedar, berdasarkan Surat Telegram Danrem 062/Tn selaku PKP TMMD nomor ST/617/2023 tanggal 05-6-2023 tentang Penutupan TMMD Ke-116 TA 2023 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 8 Juni 2023.

Kegiatan TMMD dilaksanakan mulai tanggal 10 Mei sampai dengan 8 Juni 2023 dengan melibatkan personel 1 SSK Satuan TNI gabungan 150 orang, Dinas/Instansi/Badan/Lembaga Kabupaten Sumedang, Masyarakat.

Sasaran fisik ;
– Pekerjaan cor beton jalan pj. 800 m x Ib. 2,5 m x tg. 15 cm : 100 %.
– Pekerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT) pj. 50 m x Ib. 30 cm s.d 70 cm x tq. 75 cm s.d 1,5 m : 100 %.
– Pekerjaan plat beton Ф 60 cm x pj. 5 m : 100 %.
– Pekerjaan loneng pj.1,2 m x lb. 40 cm x tg. 50 cm : 2 unit : 100 %.

Sasaran tambahan :
– Pekerjaan pembuatan MCK 1 unit : 100 %.
– Pekerjaan pembuatan sarana olahraga : 100 %.
– Pekerjaan cor beton jalan pj. 296 m x Ib, 2,5 m x tg. 15 cm : 100 %.

Oper prestasi bangunan.
– Pekerjaan plat beton Ф 60 cm x pj. 5 m : 100 %.
– Pekerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT) pj. 20 m x Ib. 40 cm x tg. 30 cm s.d 60 cm : 100 %.

Sasaran non fisik berupa penyuluhan/ceramah oleh Dinas instansi/Badan/Lembaga/ Kab. Sumedang meliputi :
– Bidang Kesejahteraan rakyat 47 x : 100 %.
– Bidang Kesadaran bernegara/belanegara 5 x : 100 %.
– Bidang Kamtibmas 2 x : 100 %.

Sumber biaya dari APBD II TA 2023 dan APBD I TA 2023 serta bantuan, partisipasi Dinas/Instansi/Badan/Lembaga Kabupaten Sumedang.

Usai paparan, Danrem 062/Tn, Danlanal Bandung, Wakil Bupati Sumedang beserta rombongan menuju tempat upacara diiringi dengan pengalungan sal dan tarian merak kepada Danrem 062/Tn, Danlanal Bandung, Wakil Bupati Sumedang tanda ucapan selamat datang.

Upacara penutupan TMMD diselenggarakan di lapangan sepak bola Wanajaya RT 07/02 Dusun Pari Desa Wanajaya Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang, selaku Irup Danlanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla dan sebagai Danup Pasilogrem 062/Tn Mayor Inf Jaja serta Paup Pasipers Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Dadang Setiawan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Dalam amanat Pangdam III/Slw
Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P yang dibacakan Danlanal Bandung menyampaikan sebagaimana diketahui bersama, TMMD merupakan program Lintas Sektoral untuk membantu mempercepat Pembangunan di daerah terutama di desa-desa terpencil, terisolasi dan terluar yang masih minim infrasturktur dan sulit dijangkau mode transportasi serta termasuk kategori desa tertinggal.

TNI mencoba untuk hadir guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Pemda maupun masyarakat, terkait dengan upaya peningkatan kesejahteraan dan pembangun infrastuktur serta sarana yang dibutuhkan masyarakat baik fisik maupun non fisik untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Selain itu, TMMD juga menjadi sarana terbaik bagi TNI untuk lebih mempererat kemanunggalan dengan rakyat serta mendedikasikan pengabdian terbaiknya dalam membangun NKRI dan kepentingan rakyat. Sebagaimana juga terkandung dalam tema TMMD, yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

Oleh karena itu, saya ingin mengajak kepada Pemerintah Daerah dan warga masyarakat untuk terus bekerjasama, bergotong-royong bersama dengan TNI membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi terutama meningkatkan kesejahteraan termasuk menjaga pertahanan negara di daerah demi tegaknya kedaulatan NKRI.

Untuk itu, berbagai program yang telah diwujudkan pada TMMD ke-116, agar dipelihara dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat, sekaligus sebagai motivasi untuk ikut serta melakukan pembangunan secara mandiri dan berkesinambungan.

Pada kesempatan yang baik ini, saya Pangdam Ill/Siliwangi selaku Pengendali Kegiatan Operasi (PKO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan secara pribadi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati, instansi Kementerian terkait, unsur Forkopimda dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang daerahnya telah melaksanakan TMMD ke-116, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang dan Kota Cilegon.

Dilanjutkan penandatangan berita acara penyerahan hasil program TMMD dari Danlanal Bandung kepada Wakil Bupati Sumedang, setalah itu meninjau UMKM, penanaman pohon, penyerahan Bansos, meninjau warung sawios dan meninjau kelokasi hasil pelaksanaan kegiatan TMMD serta penandatanganan prasasti oleh Danlanal Bandung.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala DPM Desa Prov Jabar, Kepala BKKBN Prov Jabar, Para Dandim Jajaran Korem 062/Tn, Pabandya Bakti TNI Siterdam III/Slw, Para Dan/Kasatbalak Korem 062/Tn, Danyonif R 301/Pks diwakili Dankima, Danyon Armed 4 116/GS, Danyon Zipur 3/Yw, Kasiter Korem 062/Tn, Kasipers Korem 062/Tn, Kaajenrem 062/Tn dan para kepala perangkat daerah dilingkungan Kabupaten Sumedang (Penrem 062/TN, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button