HUT KEMERDEKAAN RI KE 77 TAHUN

Upacara HUT RI Ke-77 Dipuncak Gunung Talang, “Pendakian Gunung Talang Bersih”

Panitia pelaksana upacara peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022

Sabtu, 13 Agustus 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id – Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI ke- 77 tahun 2022 akan diselenggarakan di puncak Gunung Talang Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2022 pekan depan.

Pembacaan Detik Detik Proklamasi kemerdekaan RI akan dikumandangkan dari Puncak Gunung Talang dengan ketinggian 2.597 M oleh Bupati Solok H Epyardi Asda yang akan di ikuti lebih dari 20.000 para pendaki gunung dengan mengangkat tema “ Pendakian Gunung Talang Bersih“.

Even pendakian Gunung Talang pada saat peringatan 17 Agustus merupakan agenda rutin yang dilakukan Pendaki dan Pencinta Alam, karena merupakan kebanggaan sendiri dan wujud nasionalisme bagi pencinta alam dan pendaki untuk memperingati dan memeriah hari Jadi RI ini.

Peringatan tahun ini akan menjadi berbeda, karena akan menjadi pengobat rindu para pendaki untuk mmeperingati HUT RI di Puncak Gunung Talang. PadaTahun 2022 ini, HUTRI ke 77 akan di hadiri langsung oleh Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M. Mar dan akan menjadi momentum kebangkitan Pariwisata Kabupaten Solok pasca pandemi.

Pariwisata merupakan sektor unggulan Kab Solok dengan target kinerja daerah dalam RPJMD 2021 -2026. Sehingga momentum ini akan dimanfaat kan semaksimalnya untuk mempromosikan pariwisata dan meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Solok

Fatnaini Aisyah, SP selaku Kabid Promosi pada Disparbud Kab Solok mengatakan, Pada kegiatan ini di tekan kan pada aspek Bersih karena kegiatan dan aksi bersih gunung merupakan highlight pada kegiatan kali ini. Para pengelola pintu masuk dan pokdarwis telah mempunyai kesadaran dalam hal ini.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata memberikan penekanan dan perhatian lebih agar kesadaran bersih ini untuk terus meningkat.

Kami telah memberikan edukasi pada pengelola / pokdarwis du pintu masuk untuk memastikan pendaki membawa kantong sampah sendiri dan membawa sampah nya kembali turun dan memgumpulkan nya ditempat penampungan Sampah sementara,” ujarnya.

Disebutkannya, dalam kegiatan ini Dinas Pariwisata telah berkerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup yang akan memfasilitasi pengankutan sampah dari TPS ke TPA melalui mobil angkut sampah yg di sediakan di masing2 pintu masuk Jadi kegiatan ini, justru mendukung konservasi sebagai salah saru aspek penting dalam pengelolaan Geopark, papar Fatnaini Aisyah.

Senada dengan itu, Wardesko Pono Batuah, Koorlap kegiatan pendakian Puncak Gunung Talang juga menyatakan bahwa pada pendakian tahun ini Bupati bersama para Pencinta Alam akan melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di masing masing pintu masuk jalur Gunung Talang untuk menjaga kelestarian alam untuk masa yg akan datang, terangnya. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button