Pemerintahan

Zoom Meeting Bersama Kementrian PMK, Kabupaten Solok Teratas Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Zoom meeting Pemkab Solok bersama kementerian PMK

Rabu, 5 April 2023

Kab Solok, Suaraindependent.id —  Kabupaten Solok menjadi Kabupaten/Kota urutan pertama yang mengalami Penurunan Angka Stunting di Sumatera Barat. Hal itu terungkap pada Laporan Kementerian PMK, dimana sebelumnya pada tahun 2021 Prevalensi Stunting di Kabupaten Solok berada pada angka 40,1% hingga pada 2022 dapat turun menjadi 24,2% dengan pengurangan sebesar 15,9%.

Laporan Kementrian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tersebut disampaikan dalam acara Roadshow Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat melalui Zoom Meeting yang bertempat di  Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Solok Rabu, (5/4)

Hadir dalam zoom Meeting tersebut, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar, Asisten I Drs. Syahrial, MM, Asisten II Deni Prihatni, ST, MT, Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri, SKM, M.Kes,cCamat X Koto Singkarak Crismon Darma, Jajaran OPD Terkait

Dalam hal Penurunan Kemiskinan, Melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Solok untuk persentase angka Kemiskinan juga mengalami penurunan dimana pada tahun 2021 berada pada angka 8,01% dan pada tahun 2022 turun menjadi 7,12%.

Bupati Solok menyebutkan, bagi kita di Kabupaten Solok untuk menekan Angka Stunting dan Kemiskinan itu kuncinya ada pada bidang Ekonomi, Maka dari itu melalui prinsip Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat kita mengelola anggaran sesuai dengan usulan yang diberikan oleh masyarakat

Selanjutnya Kepada seluruh Walinagari, kita mengintruksikan agar seluruh APBDesa untuk terfokus kepada pemberdayaan masyarakat, sedangkan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur akan di serahkan kepada Pemerintah Daerah.

Dan Kepada seluruh Walinagari, kita juga menugaskan untuk mendata masyarakat miskin di Kabupaten Solok secara langsung by name dan by address, hal ini guna dapat mengetahui secara langsung penyebab kemiskinan dan memberikan solusi langsung terhadap masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Solok, tutup Bupati. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button