Peristiwa

Banjir Bandang Landa Nagari Surian, Bupati Solok Epyardi Asda Turunkan Alat Berat

Banjir Bandang di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok, Pemkab turunkan alat berat

Kamis, 21 Desember 2023

Kab Solok, Suaraindependent.idAkibat curah hujan meningkat akhir akhir ini, dibeberapa wilayah pemerintah daerah Kabupaten Solok yang rawan bencana mulai meningkatkan kewaspadaannya. Bencana alam yang sering melanda, berupa banjir Bandang dan tanah longsor.

Seperti halnya di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok Provinsi Sumbar, telah terjadi banjir bandang yang memporak porandakan pemukiman dan tanaman warga, korban harta benda semakin tidak terhitung jumlahnya, beruntung korban jiwa nihil dalam musibah ini.

Mengatasi Semakin bertambahnya korban dan kerugian warga, Bupati Solok Epyardi Asda menugaskan dinas terkait untuk segera ke lokasi banjir bandang

Epyardi meminta seluruh alat berat milik Pemkab yang ada di berbagai lokasi untuk disiagakan ke lokasi rawan longsor dan lokasi bencana saat ini.

Saya sudah meminta dinas PU, Dinsos, Perkim dan BPBD untuk segera membantu warga yang terdampak banjir. Semua alat berat kami yang ada di sejumlah kecamatan untuk ditarik dan disiagakan di lokasi rawan longsor dan bencana,” ucapnya Kamis (23/12)

Ia menjelaskan, memasuki musim hujan saat ini, Kabupaten Solok menjadi salah satu daerah yang rawan bencana. “Daerah kami ini termasuk daerah rawan. Untuk itu alat berat berupa ekskavator begitu penting. Jika ada longsor itu bisa menutup akses warga kami, dan dampaknya juga ekonomi warga,” tuturnya.

Bupati juga meminta semua perangkat Nagari dan Kecamatan untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan Pemkab Solok untuk memastikan warga dalam musim hujan saat ini.
“Semua saya ingatkan, dari Nagari, hingga Kecamatan dan dinas harus standby,” ucapnya.

Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi mengatakan, timnya sudah turun ke lokasi banjir bandang saat mendapat laporan. “Kami sudah turun ke lokasi, pendataan sudah dilakukan termasuk yang terdampak,” ujarnya.

Ia menjelaskan, banjir bandang tersebut terjadi di Sungai Kayu Manang, Nagari Surian pada malam Rabu (20/12/2023). Data bangunan atau yang terdampak banjir untuk sementara yang ia terima yakni.
1. Jembatan Bagiek 1 unit (ruas koto tinggi – sapan)
2.Jembatan Batu Panjang 2 unit ( koto tinggi – sapan)
3.jembatan Taluek batuang 3 unit (koto tinggi – sapan)
4.pabrik tahu (rusak ringan)
5 dan beberapa daerah irigasi hanyut
6.Lahan pertanian yang tertimbun longsor belum terdata

Selain itu ada 2 unit rumah di Leriang Kandi Jorong Tambang, Nagari Surian atas nama Yenti rusak berat, hanya tersisa 1 kamar dan juga rumah Yon rusak berat pondasi rumah tergerus. Selanjutnya, ada satu sarana ibadah Masjid Tambang kondisi dipenuhi lumpur untuk pembersihan perlu bantuan mobil Damkar.

Irwan mengimbau, agar masyarakat untuk tetap siaga khususnya di lokasi rawan banjir bandang (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button