Tak Berkategori

“CIPTAKAN TRAINERS PENGGERAK RANTING NU DIDESA, LAKPESDAM MWC NU KECAMATAN GEBANG GELAR TOT PKPR NU”

Gebang-Cirtim, suaraindepemdentnews_id.
Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (LAKPESDAM) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatn Gebang Kabupaten Cirebon menggelar Training Of Trainers (TOT) Pendidikan Kader Penggerak Ranting Nahdlatul Ulama (PKPR NU) dari hari Jum’at sampai dengan Minggu Tanggal 25-27 Juni 2021, di SMP NU Gebang. (25/6/2021).

Acara yang diikuti oleh Pengurus MWC, Lembaga dan Banom ini diharapkan mampu mencetak trainer-trainer handal yang mampu menjadi penggerak NU di tingkat ranting dan sebagai agen perubahan dalam menanamkan nilai-nilai ke NU-an, serta menumbuhkan budaya organisasi yang lebih baik.

Hadir sebagai nara sumber dalam TOT PKPR NU ini adalah dari Lakpesdam PBNU KH. Marzuki Wahid, Abdullah Ubaid, dan Evi Mala Wijayanti.

Ketua Panitia TOT PKPR NU Moh.Haeroni menyampaikan pada kegiatan ini data awal ada 25 peserta namun yang hadir 22, adapun tujuan kegiatan TOT PKPR ini untuk mencetak tim fasilitator yang handal dan nantinya bisa mengkader ditingkat bawahnya yakni ranting NU yang ada dikecamatan gebang, saya ucapkan terima kasih kepada Lakpesdam PBNU yang sudah hadir untuk memberikan materi-materi di TOT PKPR NU ini, saya ucapkan terima kasih juga kepda PCNU kabupaten Cirebon dan MWC NU kecamatan Gebang atas dukungannya pada kegiatan ini. Ujarnya.

Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Gebang Dr. H. Saefudin, MA menjelaskan, kegiatan TOT PKPR NU ini merupakan salah satu program Lakpesdam yang berangkat dari latar belakang bahwa ranting adalah komunitas yang harus kita gerakkan karena ranting yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, kebetulan lembaga yang berhubungan dengan SDM ini adalah Lakpesdam, maka kami dengan Lakpesdam mencoba memprakasai kegiatan TOT PKPR NU ini supaya tercipta trainer-trainers yang handal dan militan.

Lanjut Saefudin, kami bersama Lakpesdam PBNU berupaya mempersiapkan tim trainer yang militan agar nantinya tim ini akan turun ke ranting-ranting, sehingga ke depan ranting dan MWC dapat bersinergi. Jelasnya.

Sekretaris Lakpesdam PBNU KH Marzuki Wahid menambahkan, bahwa sumber daya warga NU di tingkat desa sangat penting. Dan desa memiliki sumber daya dan potensi yang begitu besar, namun jarang dioptimalkan secara maksimal.

Oleh karena itu, ini perlu ada penanganan khusus, harapannya melalui pelatihan ini kader-kader NU akan turun langsung ke ranting dan mendampingi warga setempat untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya yang ada, sehingga akan berkembang dengan baik. Tambahnya.

Sedangkan KH. Abdul Hadi Katib Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon mengatakan, saya sangat mengapresiasi kegiatan TOT PKPR NU yang diadakan oleh Lakpesdam MWC NU gebang, karena dikabupaten Cirebon baru MWC NU Gebang yang mengadakan kegiatan semacam ini, harapan saya semoga program MKNU juga nanti bisa menyebar ditingkat ranting, kemudian TOT PKPR NU ini sebetulnya tidak hanya 3 hari, tapi harus terus berkelanjutan, sebab saya perhatikan untuk MKNU saja RTL nya masih kurang, kalau bisa ada buku pintar untuk pegangan dan pengetahuan, terus dalam organisasi harus ada hubungan bathin yang kuat, tingkatkan hubungan emosional dengan selalu menjalin silaturrahmi, bagaimana menciptakan kader-kader ditingkat ranting, bagaimana pemahaman idiologi bisa sampai kebawah, dan NU dikenal ditingkat bawah. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, bisa istiqomah dan bisa ditiru oleh MWC NU yang lain. Pungkasnya (kabiro/asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button