KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Danrem 062/Tn Dampingi Pangdam III/Slw Launching Gerakan TNI AD Manunggal Air Melalui Vicon Bersama KASAD

BATUJAJAR-JABAR || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Arh Rudi Ragil SP, S.Sos., M.Si, beserta Ketua Persit KCK Koorcabrem 062 PD III/Slw Ny. Nur Indah Lucky Rudi Ragil, dampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos mengikuti kegiatan Video Conferensi peresmian Gerakan TNI AD Manunggal Air, bertempat di Kampung Babakanpari Desa Batujajar Timur Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Selasa 6 Februari 2024.

Gerakan TNI AD Manunggal Air merupakan program TNI AD yang digagas oleh KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dimana pada hari ini dilaksanakan launching 1.898 titik air bersih tersebar di seluruh wilayah NKRI, yang bertujuan selain memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar, juga sebagai bukti nyata kepedulian TNI AD terhadap rakyat.

Dalam kegiatan tersebut Pangdam III/Slw menyampaikan untuk Kodam III/Siliwangi sudah memiliki 110 titik yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Banten, dalam waktu dekat juga akan mengerjakan hal serupa di daerah Indramayu yang ditujukan untuk mengairi area persawahan seluas 55 hektare.

Lanjut Pangdam menuturkan “Kita bukan sebagai tim survey akan tetapi kita merupakan tim aksi, jadi begitu sudah dilaksanakan pengecekan kita langsung bekerja dengan harapan jika sudah terdapat sumber air lahan-lahan baru bisa terbuka baik untuk air bersih rumah tangga juga untuk pertanian dan perkebunan melalui irigasi ataupun pipanisasi”, tegasnya.

Di tempat yang sama Pangdam juga berpesan banyak lahan yang berubah fungsi, dari lahan tanaman keras menjadi lahan-lahan pertanian seperti cabai, tomat sehingga dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor, untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat jangan menanam tanaman yang dapat merusak lingkungan, upayakan tanam tanaman baru yang tidak sekali panen seperti tanaman mangga, duren, alpukat dan lainnya. Sehingga selain bisa menghasilkan juga dapat mengantisipasi terjadinya bencana tersebut.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, kita akan segera aksi apabila ada permintaan pembuatan titik sumber air dari masyarakat, dan sampai saat ini sudah ada permintaan sebanyak 1235 titik di Jawa Barat dan Banten kita secara bertahap akan segera merealisasikan dengan sekala prioritas.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial dari Pangdam III/Siliwangi kepada masyarakat sekitar.

Turut hadir, PJU Kodam III/Slw, Kabalakdam III/Slw, Ketua Persit Daerah III/Slw, Dandim 0609/Cmi Letkol Arm Bobby, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Donyaar, Forkopimda Kabupaten Bandung Barat, serta tamu undangan lainnya. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button