Desa

Pemdes Mo’awo Laksanakan Rapat Perdana Pembahasan RKPDes Tahun 2024

Pemerintah Desa Mo’awo melaksanakan rapat pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Desa (Pemdes) Mo’awo melaksanakan rapat pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dimana sebelumnya telah terpilih Tim RKPDes dan Tim Verifikasi Tahun 2024.  sekaligus penyerahan SK kepada masing-masing Tim bertempat di Kantor Desa Mo’awo, Kecamatan Gunungsitoli, Jum’at (22/09/2023).

PJ.Kepala Desa Mo’awo, Muhammad Alhabib Zendrato,SE dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang telah menghadiri undangan walau cuaca hujan namun masing-masing Tim yang terpilih dapat mengahadiri semuanya.

“Adapun tujuan dilakukannya RKPDes ini adalah Terwujudnya perencanaan tahunan Desa dalam upaya terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, Tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa Mo’awo yang maju mandiri dan sejahtera”.

Lebih lanjut PJ. Kades sampaikan bahwa Tim RKPDes yang bertugas untuk menyusun Rencana Kegiatan RKPDes di Tahun 2024. Sedangkan tugas Tim Verifikasi RKPDes Tahun 2024 adalah melakukan Verifikasi Dokumen RKPDes Desa Mo’awo Tahun 2024 sesuai dengan alur dan format dalam Permedagri 114 Tahun 2014.

Apapun usulannya di Tahun 2024 kita sesuaikan dengan pagu anggarannya dimana pagu anggaran  sebelumnya di Tahun 2023 Dana Desa (DD)  Mo’awo sebesar Rp. 641 655.000, untuk ADD Rp.398.165.000.

Setelah penyerahan SK  kepada masing-masing Tim, baik Tim RKPDes dan Tim Verifikasi Tahun 2024, Dilanjutkan  pelaksanaan ruang diskusi yang dipimpin oleh Sekretaris Desa, Zulman Zendrato,  beberapa usulan dalam menindaklanjuti Musyawarah rencana Pembangunan (Musrembang) pada tanggal 12 Agustus 2023 lalu.

Adapun usulan-usulan di Tahun 2024 diruang diskusi  yakni sebagai berikut:

  1. Pemberdayaan ketahanan Pangan, budidaya Ikan Lele, Ikan Nila
  2. Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlimas)
  3. Pembangunan Rabat Beton di Jalan Foaneta Gea
  4. Pembagunan Jalan di Dusun II Gamo
  5. Pembangunan Jambanisasi
  6. Penyediaan alat tangkap Ikan untuk Nelayan
  7. Lembaga adat dibawah naugan LPM Desa Mo’awo
  8. Sarana dan Prasarana Kantor Desa Mo’awo
  9. Bencana tak terduga
  10. Bantuan Langsung Tunai (BLT), namun kita tidak tahu pada Tahun 2024 apa ada BLT di Desa Mo’awo namun tetap kita ajukan
  11. Memperingati HUT Republik Indonesia dan beberapa usulan-usulan Lainnya.

Kegiatan tersebut dihadiri PJ Kepala Desa Mo’awo, Muhammad Alhabib Zendrato,SE dan Sekretaris Desa Mo’awo, Zulman Zendrato, Para Perangkat Desa Mo’awo, Kepala Dusun I Dan Kepala Dusun II Gamo Desa Mo’awo, Ketua LPM Desa Mo’awo, Tim RKPDes Desa Mo’awo Tahun 2024 dan Tim Verifikasi RKPDes Tahun 2024.

Adapun usulan Pembangunan tersebut diatas, dengan kesepakatan bersama akan di surfei pada hari Senin tanggal 25 September 2023 pada pukul 15.00 wib titik kumpul di Kantor Desa Mo’awo. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button