PENDIDIKAN

Pemkab Nias Utara Mengajak Masyarakat Kepulauan Nias Untuk Mendukung PSDKU-USU Nias Utara Tahun 2021

NIAS UTARA, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara dalam hal ini Wakil Bupati (Wabup) Nias Utara, Yusman Zega, A.Pi, M.Si mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung keberadaan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Di Luar Kampus Utama  Universitas  Sumatera Utara (PSDKU-USU) Nias Utara Tahun 2021 dengan Nomor:11855/UNS.1.R1/SPB/2021 dengan waktu Pendaftaran dimulai dari tanggal 13 s/d 19 September 2021.

PSDKU-USU Nias Utara Tahun 2021  dengan Program Studi yakni: 1).Program Studi  S1 Agroteknologi; 2). Program Studi  S1 Peternakan  dan ke 3). Program Studi  S1 Manajemen Sumberdaya Perairan.

Wabup Nias Utara dalam paparannya mengajak masyarakat Kepulauan Nias Khususnya Nias Utara terkait dengan keberadaan PSDKU-USU dan  tentang penerimaan mahasiswa baru PSDKU-USU Kabupaten Nias Utara,  pada acara Konferensi Pers yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara bertempat di Kantor Bupati Nias Utara,Sumatera Utara. Kamis (16/09).

Dalam Penjelasannya Wabup Nias Utara menyampaikan bahwa, jauh sebelum dan khususnya saat tampil sebagai calon kandidat kepala daerah, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara terpilih saat ini mengusung prinsip yaitu memperbaiki masa depan Kabupaten Nias Utara dengan salah satu caranya melalui pendidikan,  untuk mewujudkan hal tersebut maka dituangkan pada misi pertama, Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertaqwa dan beriman.

Untuk itu dalam merealisasikan keberadaan PSDKU-USU di Kabupaten Nias Utara bukanlah hal yang gampang, tapi penuh dengan perjuangan, makanya selesai kami dilantik, saat itu pada tanggal 26 April 2021, dan masih memakai pakaian PDL lengkap, kami langsung menuju USU tandatangani MoU dengan pihak USU. Itu tandanya kami mempertaruhkan jabatan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati saat itu demi Nias Utara, Ujarnya.

Diungkapkan dia, Saat itu dihadapan seluruh Wakil Rektor dan Dekan yang hadir, kami nyatakan bahwa apapun yang terjadi asalkan PSDKU-USU jadi dan apabila biaya kurang, maka kami siap untuk menunda program kegiatan pembangunan kami Ucap Wabup Nias Utara.

Terkait uang kuliah, Wakil Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa uang kuliah adalah standar yang ditetapkan oleh USU, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara tidak akan lepas tangan dan akan berusaha untuk membantu meringankan beban para calon mahasiswa/i yang diterima di PSDKU-USU Kabupaten Nias Utara.

Pemerintah Kabupaten Nias Utara mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu mendukung keberadaan PSDKU-USU di Nias Utara, mari kita satukan gerak dan langkah menuju Nias Utara yang maju dan sejahtera, mari kita sampaikan hal-hal yang positif kepada masyarakat untuk termotifasi meningkatkan pendidikannya.

Jangan hanya segelintir orang yang menikmati Pendidikan yang berkualitas diluar sana, masyarakat Nias Utara juga harus bisa menikmati Pendidikan yang kualitasnya setara dengan yang dinikmati oleh masyarakat yang ada di Medan sana ujar Wabup.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara,  Ya’aman Telaumbanua yang turut hadir dalam temu pers tersebut,  dan juga  sebagai salah seorang pemrakarsa terbentuknya PSDKU-USU Nias Utara menyampaikan bahwa, tidak dapat dipungkiri biaya kuliah di PSDKU-USU cukup besar dan memberatkan bagi sebagian masyarakat, khususnya di Kabupaten Nias Utara, Namun keadaan ini tidak akan dibiarkan begitu saja oleh Pemerintah Daerah.

DRPD berkomitmen mendukung penuh langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mengatasi masalah ini ucapnya.

Juga Plh. Sekda Kabupaten Nias Utara, Drs. Folo’o Harefa, MM menyampaikan bahwa, pelaksanaan Konferensi Pers hari ini bertujuan untuk memberi penjelasan kepada masyarakat Kepulauan Nias khususnya Kabupaten Nias Utara terkait penerimaan Mahasiswa baru PSDKU-USU Nias Utara yang beberapa hari terakhir ramai diperbincangkan masyarakat, Dimana satu-satunya hadir di Kepulauan Nias.

Dalam penjelasan dan ketegasan terhadap pendirian PSDKU-USU Kabupaten Nias Utara serta penerimaan mahasiswa baru yang sedang berjalan saat ini serta juga disebabkan banyaknya komentar-komentar yang tersebar di tengah-tengah masyarakat yang simpang siur dan cenderung tidak memahami serta banyak yang pesimis pada keberadaan PSDKU-USU Kabupaten Nias Utara paparnya.

Lebih lanjut dalam mengelola PSDUK -USU ini adalah tetap USU artinya kita dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara hanya menyediakan tempat atau lokasi kegiatan belajar ujar Sekda Nias Utara.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara, Yusman Zega, A.Pi, M.Si dan di dampingi oleh Plh.Sekda Kabupaten Nias Utara, Drs. Folo’o Harefa,MM dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Ya’aman Telaumbanua serta rekan-rekan Wartawan . (Aa/FL)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button