Tak Berkategori

Pendaftar Panwascam Bawaslu Kab.Cirebon Untuk Pemilu 2024 Mencapai 1.622 Orang.


Cirebon, suaraindependentnews. id | Jumlah pendaftar calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam Bawaslu Kabupaten Cirebon untuk Pemilu 2024 mencapai 1.622 pendaftar.

Jumlah 1.622 pendaftar tersebut hasil rekapitulasi terakhir dihari penutupan pendaftaran pada Selasa, 27 September 2022 pukul 17.00 Wib kemarin.

Adapun jumlah 1.622 pendaftar, terdiri dari 1.232 pendaftar laki-laki dan 390 pendaftar perempuan. Artinya, jumlah tersebut sudah memenuhi quota keterwakilan perempuan yaitu sebanyak 30 persen untuk didudukan sebagai anggota Panwascam disetiap Kecamatan se-Kabupaten Cirebon.

Jika melihat dua kali kebutuhan per kecamatan, maka quota keterwakilan perempuan untuk semua kecamatan sudah terpenuhi,” ujar Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu Kecamatan sekaligus Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Cirebon, Minkhatul Maula,SS, yang dilansir dari benerap media onlie, Rabu (28/9/2022).

Dari pantauan media suaralintasindonesia.id. yang berada dilokasi pendaftaran, yakni di Sekretariat Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan, di Komplek Grand Duta Cirebon, Senin, 26/09/2022 hingga hari Selasa, 27/09/2022 nampak antusias dari ratusan pendaftar berjubel, berdesakan dan rela mengantri dengan membawa sejumlah berkas pendaftaran.

Pemandangan antri ratusan orang dari berbagai kecamatan se-Kabupetan Cirebon itu terjadi sejak pagi hingga menjelang malam, dihari terakhir pendaftaran pada Selasa, 27 September 2022.

Minkhatul Maula mengapresiasi atas antusias warga Kabupaten Cirebon yang bersemangat mengawal pesta demokrasi dengan menjadi Pengawas Pemilu.

Apresiasi khusus terutama bagi para pelamar perempuan, karena sejak pendaftaran dibuka hingga hari kelima pendaftaran, jumlah perempuan yang mendaftar dari setiap kecamatan masih belum memenuhi kuota 30 persen.

“Kami melakukan beberapa upaya, untuk meningkatkan jumlah pendaftar diantaranya dengan mempublikasikan rekapitulasi sementara di media sosial dan terus mendorong partisipasi masyarakat. Hasilnya, pada dua hari terakhir pendaftaran mengalami peningkatan signifikan,” ujar Minkhatul Maula.

Meledaknya jumlah pelamar Panwascam untuk Pemilu 2024 sudah diprediksi oleh Panitia Rekrutmen Panwascam Bawaslu Kabupetan Cirebon. Panitia telah membuka pendaftaran dari tanggal 21 September 2022. Dan lonjakan pendaftar terjadi pada dua hari terakhir penutupan pendaftaran, jelas Ketua Pokja.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir, SH., MH. sangat mengapresiasi kinerja dan kekompakan dari Pokja Rekrutmen Panwascam Bawaslu Kabupaten Cirebon untuk Pemilu 2024, apalagi dengan pemenuhan target 30 persen untuk quota perempuan.

Berharap nanti, Panwascam yang lolos dan terpilih, untuk bisa menjadi bagian dari Bawaslu Kabupaten Cirebon dalam proses kepengawasan pelaksanaan Pemilu 2024 nanti penuh waktu dan tanggungjawab, pungkasnya. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button