KODIM 0612/TSM KOREM 062/TN

Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata Menghadiri Upacara HSN 2023 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

KODIM 0612/TSM-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Bertempat di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P menghadiri kegiatan Upacara Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 dengan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” upacara tersebut diikuti sekitar 2.000 orang, Senin 23 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugiarto, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi SP, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P, Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, S.I.K., M.M, Kajari Kabupaten Tasikmalaya diwakili Kasubagbin Deded Jaelani S.H, Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb. Adi Putra Buana, S.H., M.I.Pol, Dansubdenpom lll/2-2 Tasikmalaya Letda Cpm Cecep MH.

Turut hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya H. Dudu Rohman, S.Ag., M.SI, Ketua FPP Kabupaten Tasikmalaya KH Anwar Nasori M.Ag, Ketua DMI Kabupaten Tasikmalaya H. Dede Saeful Anwar S.Ag, Ketua DKM Mesjid Baiturrahman K.H Hasan Basri, Ketua BKPRMI Kabupaten Tasikmalaya H. Aep Saepudin, Para Asisten Daerah, Staff Ahli Bupati dan Para SKPD Setda Tasikmalaya, Para Danramil Kodim 0612/Tasikmalaya wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Para Pimpinan Ponpes Se-Kabupaten Tasikmalaya, Santriawan dan Santriwati dari Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam amanatnya Bupati menyampaikan, Hari ini kita memperingati momentum bersesejarah bagi seluruh masyarakat indonesia. kita kembali memperingati hari santri, momentum yang sudah menjadi acara rutin setiap tahun sejak tahun 2016 lalu. Ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, hari santri megingatkan kita kepada peran besar para santri, kiai dan ulama-ulama pendahulu kita, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan republik indonesia dari cengkeraman penjajah. Perjuangan para santri dan kiai pada masa revolusi kemerdekaan tersebut adalah bentuk pengamalan ajaran rasullah shallahullahu alaihi wassalam, bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman.

Dengan demikian, memperjuangkan kemerdekaan tanah air juga menjadi bagian dari ibadah. pada kondisi tertentu, melawan musuh atau penjajah bahkan bisa menjadi wajib bagi setiap muslim sebagaimana difatwakan para ulama dalam resolusi jihad tanggal 22 oktober 1945.

Tema peringatan hari santri nasional tahun 2023 ini adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”, patut menjadi bahan renungan kita bersama. tema ini mengajak kita semua meneladani semangat para santri yang berjuang dengan sepenuh hati dan jiwa untuk memajukan bangsa dan negara. jihad yang dimaksud bukanlah peperangan fisik, melainkan perjuangan moral dan intelektual. Mari kita renungkan bersama apa makna jihad bagi kita di zaman sekarang ini.

Kita tidak bisa meniru apa yang dilakukan oleh para santri di masa lalu, yang rela berkorban nyawa dan harta untuk membebaskan indonesia dari belenggu kolonialisme. namun kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari perjuangan mereka.Pada sekarang ini, peran kaum santri, termasuk para intelektual pesantren, masih sangat dibutuhkan untuk turut serta memajukan kehidupan bangsa indonesia. seperti halnya mengatasi masalah kebodohan, hoax, degradasi moral, disintegrasi bangsa, hingga pemulihan ekonomi adalah berbagai contoh masalah yang menanti untuk kita selesaikan bersama-sama.

Jihad bisa dimaknai sebagai upaya menjaga diri dari segala hal yang merusak akhlak dan moral. jihad juga dapat bermakna bersungguh-sungguh membersihkan hati dari sifat-sifat buruk seperti dengki, benci, sombong, rakus dan lain sebagainya. maka jihad kita adalah berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan negara. yang siap menghadapi gejolak zaman sekaligus berkontribusi memajukan kehidupan masyarakat.

“Saya selaku Bupati Tasikmalaya memberikan apresiasi yang sebesar-besar kepada para santri di kabupaten tasikmalaya yang sudah mengharumkan nama daerahnya diajang kompetisi baik tingkat kabupaten, tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Kepada para santri, para alim ulama, aparatur sipil negara dan seluruh komponen masyarakat, saya mengajak dalam merayakan hari santri kita bersama sama untuk mengisinya dengan kegiatan yang bernilai ibadah dan kegiatan lainnya yang relevan dengan tema kali ini”, pungkasnya. (Pendim 0612/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button