Tak Berkategori

UKM Pecinta Alam Mapalangit Biru STID Al Biruni Cirebon Adakan Pendidikan Dasar Mapalangit (PDM) Ke-VI


Cirebon, suaraindependentnews.id | Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Bawah Langit (Mapalangit) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Al Biruni Cirebon mengadakan kegiatan PDM ke-VI di Area Buper Awilega tepatnya di area Batu Asahan, di Desa Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada, Jumat – Minggu, 22-24 Desember 2023.

Pada PDM ke-VI ini, Mapalangit Biru mengangkat tema “Membangun Solidaritas, Memperkuat Akhlak Mulia & Rasa Cinta”. Makna dari tema ini menjadikan kader anggota organisasi Mapalangit Biru lebih kompak, lebih akrab dan solid serta diiringi dengan pertumbuhan akhlak yang baik.

Ketua Umum Mapalangit Biru, Subhan yang akrab di pangil Ketum Cengir mengatakan, Mapalangit Biru dalam PDM keenam sebagai tanda kontribusi dan kiprah organisasi secara mendasar dengan mengadakannya Pendidiakan Dasar bagi anggota baru.

“Pada kegiatan PDM yang keenam ini semoga bisa menjadi modal dasar anggota baru dengan di tempa dan mengikuti kegiatan masa pendidikan yang menjadikan Mapalangit Biru lebih maju dan berkiprah dimasyarakat secara sosial dan lingkungan alam sekitar,” kata Subhan saat memberikan sambutannya di hadapan para kader Mapalangit Biru, Jumat, (22/12).

MG. Jamalillah selalu koorlap menyampaikan, kader kader organisasi Mapalangit Biru harus siap bertahan hidup dan bersosialisasi dengan masyarakat, dengan mengikuti pendidikan dasar ini menjadikan tempaan awal yang menentukan pergerakan kader selanjutnya.

“Saya menyampaikan semua peserta PDM ke VI kegiatan ini adalah modal dasar agar kalian dapat berbaur dan bertahan di era modernitas serta membangun kepekaan solidaritas terhadap sesama manusia dan alam sekitar,” tuturnya.

Pembina UKM MAPALANGIT BIRU, Khusni Mubarok mendukung kegiatan PDM Mapalangit Biru dari sejak dulu hingga saat ini. Menurutnya, banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Mapalangit Biru dalam mengembangkan minat dan bakat mahasiswa salah satunya dengan mengadakan kegiatan Pendidikan Dasar Mapalangit (PDM).

“Organisasi Kemahasiswaan adalah organ akademik yang sangat penting, diharapkan dengan berkumpulnya mahasiswa mahasiswi disetiap unit-unit kegiatan tersebut mampu mengembangkan minat dan bakatnya sekaligus menjadi ajang pembelajaran diluar perkuliahan seperti UKM Mapalangit Biru untuk mengasah kepekaan terhadal lingkungan baik Masyarakat maupun alam sekiratnya.” tuturnya.

Barok mengungkapkan bahwa organisasi pecinta alam harus terus bergerak dan melahirkan kader kader baru yang siap melanjutkan estafet keorganisasiaan.
“Lebih baik berjalan bergerombol di tengah gelap dari pada berjalan sendirian di terang matahari”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Perintis UKM MAPALANGIT Ahmad Syarofi, Koordinator DPA MAPALANGIT Isomuddin, para anggota Mapalangit Biru, dan tujuh peserta Pendidikan Dasar Mapalangit (PDM) ke VI.

Kegiatan Pendidikan Dasar Mapalangit (PDM) ke VI dibuka dan dilepas langsung oleh Sekretaris Yayasan Amal Al-Biruni Bapak Mustopa yang biasa disapa Mang Mus. Begitu juga saat penutupan ditutup oleh Mang Mus. Dalam sambutannya Mang Mus menyampaikan:

“Anggota Mapalangit Biru yang baru bergabung ini kalian telah dilatih untuk mengenal lingkungan dan pendidikan-pendidikan yang perlu dilatih oleh calon anggota Mapalangit.

Mapalangit mempunyai pola ilmiah bagaimana menjaga lingkungan karena sekarang ini lingkungan kita sudah tercemari mulai dari sungai, hutan, laut dan gunung sudah tercemar dengan sampah. Kami dan kalian harus peduli dengan semua itu.

Kegiatan ini dilakukan bersama-sama karena kita punya moto sedulur selawaswe. UKM kita adalah UKM yang intens melakukan pelestarian lingkungan. Maka dari itu salam kami adalah melestarikan lingkungan. Salam Lestari.. Salam Lestari.. Salam Lestari” pungkasnya. (Kabiro)
Koresponden: Syarofi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button